• SMP NEGERI 11 BOGOR
  • We Are Different Now

KURIKULUM

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Kurikulum  SMP  Negeri 11 Bogor   pada  tahun pelajaran  2019 / 2020 menerapkan prinsip - prinsip pengembangan Kurikulum 2013. Adapun pengembangannya berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkarakter dan berbudi pekerti luhur dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap lingkungan. Pada kurikulum 2013 peserta didik diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation). Penguasaan ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan ketrampilan 4C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori. Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, serta sesuai dengan visi SMP Negeri 11 Bogor.

SMP Negeri 11 Bogor rnenyelenggarakan Pendidikan inklusif yaitu sebuah pendidikan yang memberikan kesempatan dan layanan yang sama kepada seluruh peserta didik, khususnya peserta didik berkebutuhan khusus untuk belajar yang sama dengan teman sebaya di kelas reguler. Hal ini bertujuan untuk menjadikan pendidikan sebagai sebuah wahana sosialisasi bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk dapat hidup secara wajar dan mendapatkan perlakuan yang sama dengan peserta didik lainnya. 

SMP Negeri 11 Bogor memiliki peluang berkembang cukup besar karena letak geografisnya yang strategis. Lokasi sekolah berada di kawasan yang mudah dijangkau angkutan umum dan keadaan lingkungan yang tenang dan nyaman. Dibalik itu semua ancaman SMP Negeri 11 Bogor bersumber dari pergeseran nilai budaya yakni adanya kecenderungan sikap hidup metropolis yang mulai melanda kehidupan peserta didik, menirukan perilaku masyarakat yang tidak jelas latar belakangnya. Oleh karena itu, kegiatan pembentukan budi pekerti dan melestarikan seni budaya tradisional sangat dioptimalkan melalui kegiatan pengembangan diri. Keberadaan 20 lembaga sekolah negeri dan lebih dari lembaga swasta merupakan pesaing dan sekaligus mitra besar terhadap keberadaan SMP Negeri 11 Bogor. Menyikapi kondisi ini, SMP Negeri 11 Bogor melakukan upaya nyata berupa peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, melengkapi sarana dan prasarana, menjalin kerja sama yang harmonis dengan orang tua peserta didik/wali peserta didik dan mengadakan kegiatan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan masyarakat.

Selain itu mengingat Kota Bogor , merupakan Kota Besar yang berbasis parwisata, perdagangan dan industri , maka dalam hal upaya pelestarian lingkungan, pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan maka ditetapkan mata pelajaran muatan lokal Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 11 Bogor diajarkan baik secara monolitik maupun secara integratif ke semua mata pelajaran dan pengembangan diri, yang meliputi berbagai masalah kehidupan, diantaranya tentang sampah, energi, keanekaragaman hayati, air dan makanan serta kantin sekolah sehat. Dengan adanya Pendidikan Lingkungan Hidup tersebut diharapkan akan terbentuk karakter warga sekolah yang peduli terhadap kelestarian fungsi lingkungan. Hal ini sesuai dengan SMP Negeri 11 Bogor  sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Visi Misi SMP Negeri 11 Bogor

VISI : TERWUJUDNYA SEKOLAH BERPRESTASI AMANAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN PADA TAHUN 2022 MISI : 1.Membina peserta didik berlandaskan keimanan dan ketakwaan. 2.Melaksanakan pembelajar

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
STRATEGI

Strategi yang harus dilakukan : 1. Peningkatan kualitas pembelajaran 2.Pengembangan layanan pembelajaran 3.Peningkatan kualitas bakat, minat dan    kreatifitas siswa

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
Standar Isi

—Standar Isi : 1. Mengimplementasikan Kurikulum 2013 —2. Menyusun KTSP Dokumen 1,2,3 dan 4 —3. KBM 40 menit /JP , Struktur Kurikulum 42 JP/Minggu

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
Standar Proses

JADWAL  KBM Senin  : 07.00 s.d 15.00 Selasa  : 07.00 s.d 15.00 Rabu  : 07.00 s.d 15.00 Kamis  : 07.00 s.d 15.00 Jumat  : 07.00 s.d 15.00 Pembiasaan

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator